Makalah Pembelajaran

KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah mata kuliah “evaluasi pembelajaran”  ini. Makalah ini dibuat sebagai media untuk menambah wawasan pengetahuan demi tercapainya tujuan pembelajaran.

            Penyusunan makalah ini dimaksudkan agar kedepannya kita tidak mengalami kesulitan dalam melakukan perkuliahan mata kuliah “evaluasi pembelajaran” ini. Oleh karena itu, saya berharap dengan adanya makalah ini, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana itu yang dimaksud dengan “evaluasi pembelajaran”.

            Dalam penyusunan makalah ini, saya menyadari bahwa yang saya buat ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, demi penyempurnaan makalah ini saya mengharapkan saran dan kritik dari berbagai pihak.
 Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih kepada para dosen yang telah membimbing dan mengarahkan saya, serta rekan-rekan dan semua pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini.

DAFTAR ISI

Kata pengantar i
Daftar Isi ii
Pendahuluan 1
Pembahasan 2
a) Pengertian evaluasi pembelajaran 3
b) pengertian pembelajaran menurut para ahli 3
c) Tujuan, ciri-ciri dan manfaat evaluasi pembelajaran 3
d) Prinsip – prinsip dasar evaluasi pembelajaran
Penutup 5
a) Kesimpulan 5
b) Saran 5
Daftar Pustaka 6


PENDAHULUAN
            
Dalam sebuah proses pembelajaran komponen yang turut menentukan keberhasilan sebuah proses adalah evaluasi. Melalui evaluasi orang akan mengetahui sampai sejauh mana penyampaian pembelajaran atau tujuan pendidikan atau sebuah program dapat dicapai sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Evaluasi merupakan salah satu kegiatan utama yang harus dilakukan dalam kegiatan pendidikan dan pembelajaran. Melalui Evaluasi, kita akan mengetahui perkembangan hasil belajar, intelegensi, bakat khusus, minat, hubungan social, sikap dan kepribadian siswa atau peserta didik serta keberhasilan sebuah program.
               Mengacu pada asumsi bahwa pembelajaran merupakan system yang terdiri atas beberapa unsure, yaitu masukan, proses dan hasil; maka terdapat tiga jenis evaluasi sesuai dengan sasaran evaluasi pembelajaran, yaitu evaluasi masukan, proses dan hasil pembelajaran.
            Terkait dengan ketiga jenis evaluasi pembelajaran tersebut, dalam praktek pembelajaran secara umum pelaksanaan evaluasi pembelajaran menekankan pada evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa pelaksanaan kedua jenis evaluasi tersebut merupakan komponen system pembelajaran yang sangat penting. Evaluasi kedua jenis komponen yang dapat dipergunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pelaksanaan dan hasil pembelajaran. Selanjutnya masukan tersebut pada gilirannya dipergunakan sebagai bahan dan dasar memperbaiki kualitas proses pembelajaran menuju keperbaikan kualitas hasil pembelajaran.

PEMBAHASAN

a) Pengertian evaluasi pembelajaran
         Dalam sebuah kegiatan pembelajaran terdapat banyak sekali hal yang harus diperhatikan oleh seorang tenaga pendidik. Yang mana dalam kegiatan pembelajaran tersebut para tenaga pendidik memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap keberhasilan pembelajaran. Bukan hanya menyoalkan tentang strategi pembelajaran yang diterapkan atau target yang telah dicapai saja tetapi seorang tenaga pendidik juga harus dapat mengevaluasi secara keseluruhan terhadap apa yang terjadi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Nah membicarakan tentang evaluasi ini mungkin yang terlintas dalam benak seseorang adalah sebuah kegiatan mereka ulang apa yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan suatu hal. Lalu jika bagaimanakah kiranya jika kegiatan evaluasi ini kita hubungkan dengan pembelajaran? Tentu akan menjadi sebuah hal yang sangat menarik untuk kita perbincangkan. Karenanya simak beberapa ulasan berikut ini agar anda dapat menemukan Berbagai informasi menarik dan penting tentangnya.
Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah kegiatan mengevaluasi atau mengoreksi hal-hal yang telah terjadi atau dilakukan selama kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Atau dengan kata lain merupakan sebuah kegiatan mereka ulang untuk mengetahui hal-hal penting baik yang berupa kelebihan maupun kekurangan yang terjadi pada kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung dengan harapan agar dapat melakukan yang terbaik pada saat kegiatan pembelajaran yang akan di laksanakan nantinya.
Bagi seorang tenaga pendidik yang memiliki wewenang untuk memotori kegiatan pembelajaran maka evaluasi pembelajaran ini sangat penting untuk mereka perhatikan. Evaluasi pembelajaran ini memiliki berbagai fungsi utama yang diantaranya telah saya rangkum di bawah ini:
1. Evaluasi pembelajaran sangat baik digunakan untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang terdapat pada saat pembelajaran yang telah berlangsung. Dengan mengetahui kekurangan pembelajaran yang terdahulu maka seorang tenaga pendidik akan dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran yang selanjutnya.
2. Lalu selain kekurangan tenaga pendidik juga akan menemukan kelebihan yang dengannya dapat diupayakan untuk dipertahankan atau ditingkatkan pada pembelajaran yang selanjutnya.
3. Sebagai dasar perencanaan kegiatan pembelajaran yang akan datang. Seorang tenaga pendidik dapat menjadikan hasil evaluasi pembelajaran tersebut sebagai dasar penentuan target yang hendak dicapai pada pembelajaran yang akan dilaksanakan nantinya.

b) Pengertian pembelajaran menurut beberapa ahli :

1. Duffy  dan Roehler (1989). Pembelajaran adalah suatu usaha yang sengaja melibatkan dan menggunakan pengetahuan profesional yang di miliki guru untuk mencapai tujuan kurikulim
2. Gegne dan Briggs (1979:3). Mengartikan instruction atau pembelajaran ini adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal.
  
c) Tujuan, ciri-ciri dan manfaat evaluasi pembelajaran;
Tujuan dari pembelajaran, yakni
1.      Tercapainya perubahan perilaku atau kompetensi pada siswa  setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
2.      Suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan
3.      Suatu deskripsi mengenai tingakah laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsung pembelajaran.
          

Manfaat Pembelajaran, yakni
1.      Memudahkan dalam mengkomunikasikan maksud kegiatan belajar mengajar kepada siswa
2.      memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar
3.      membantu memudahkan guru menentukan kegiatan belajar dan media pembelajaran
4.      memudahkan guru mengadakan penilaian.

Ciri-ciri pembelajaran, yakni
1. merupakan upaya sadar dan disengaja
2. pembelajaran harus membuat siswa belajar
3. tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan
4. pelaksanaannya terkendali, baik isinya, waktu, proses maupun hasilnya.

d) Prinsip – prinsip dasar evaluasi pembelajaran

1. Evaluasi bertujuan membantu pemerintah dalam mencapai tujuan pembeljaran bagi masyrakat.
2. Evaluasi adalah seni, tidak ada evaluasi yang sempurna, meski dilkukan dengan metode yang berbeda.
3. Pelaku evaluasi atau evaluator tidak memberikan jawaban atas suatu pertanyaan tertentu. Evaluator tidak berwennag untuk memberikan rekomendasi terhadap keberlangsungan sebuah program. Evaluator hanya membantu memberikan alternatif.
4. Penelitian evaluasi adalah tanggung jawab tim bukan perorangan.
5. Evaluator tidak terikat pada satu sekolah demikian pula sebaliknya.
6. Evaluasi adalah proses, jika diperlukan revisi maka lakukanlah revisi.
7. Evaluasi memerlukan data yang akurat dan cukup, hingga perlu pengalaman untuk pendalaman metode penggalian informasi.
8. Evaluasi akan mntap apabila dilkukan dengan instrumen dan teknik yang aplicable.
9. Evaluator hendaknya mampu membedakan yang dimaksud dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi program.
10. Evaluasi memberikan gambaran deskriptif yang jelas mengenai hubungan sebab akibat, bukan terpaku pada angka soalan tes.

              Selain itu prinsip – prinsip dasar evaluasi yakni:
1.      Prinsip keseluruhan
Evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana dengan baik apabila evaluasi tersebut dilaksanakan secara bulat/utuh.
2.     Prinsip kesinambungan 
Evaluasi hasil belajar yang baik adalah evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara teratur dan sambung menyambung dari waktu kewaktu.
3.      Prinsip objektifitas
Evaluasi hasil belajar dapat dinyatakan sebagai evaluasi yang baik apabila dapat terlepas dari factor – factor yang sifatnay objektif.

PENUTUP
       Kesimpulan
Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah kegiatan mengevaluasi atau mengoreksi hal-hal yang telah terjadi atau dilakukan selama kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung baik yang berupa kelebihan maupun kekurangan yang terjadi pada kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung.
Tujuan dari pembelajaran, yakni
1.      Tercapainya perubahan perilaku 
2.      Pernyataan yang spesifik 
3.      Deskripsi mengenai tingakah laku
          
Manfaat Pembelajaran, yakni
1.      Memudahkan dalam mengkomunikasikan 
2.      memudahkan guru memilih dan menyusun bahan ajar
3.      membantu memudahkan guru 

Ciri-ciri pembelajaran, yakni
5. merupakan upaya sadar dan disengaja
6. pembelajaran harus membuat siswa belajar
7. tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan
8. pelaksanaannya terkendali, baik isinya, waktu, proses maupun hasilnya.

prinsip – prinsip dasar evaluasi yakni:
1.      Prinsip keseluruhan
2.     Prinsip kesinambungan 
3.      Prinsip objektifitas

  SARAN
Ketika kegiatan evaluasi pembelajaran telah dilaksanakan, hendaknya segera ditindaki apa-apa yang menjadi kekurangan dari proses pembelajaran .

DAFTAR PUSTAKA

Tim Pekerti-AA PPSP LPP Universitas Sebelas Maret. Panduan Evaluasi Pembelajaran. 2007. Surakarta. Lembaga pengembangan pendidikan Universitas Sebelas Maret.
http://seputarpendidikan003.blogspot.com/2014/02/pengertian-evaluasi-pembelajaran.html
http://hendrasmart-hendrasmart.blogspot.com/2011/07/definisi-pengajaran-dan-pembelajaran.html

1 Response to "Makalah Pembelajaran"

  1. Best Casinos in South Africa 2021 | LuckyClub
    Our list of South luckyclub African casino sites is updated regularly, providing all the latest news and updates. Sign up today to get up to $2000 + a $1000 deposit bonus!

    ReplyDelete